Sunday, 20 September 2015

“PROPOSAL USAHA KAOS UNIK”
Dibuat untuk memenuhi tugas tertulis
Mata Kuliah Enterpreneurship

Dosen : Bp. Edy Mulyanto,S.H.M.Si.
PENDAHULUAN

a.       Nama dan Alamat Perusahaan
Nama perusahaan        : PT KAOS UNIK
Alamat Perusahaan     : Jl. Sumur Bandung 3 no 90 RT 02/02. Cimanggis-Depok
No Telp                       : 0857.1563.1093 / 0857.1228.1678

b.      Nama dan Alamat Pemilik
Nama                           : KELOMPOK V
Alamat                        : Jl. Sumur Bandung 3 no 90 RT 02/02. Cimanggis-Depok
No Telp                       : 0857.1563.1093

c.       Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama                           : PT. KELOMPOK V
Alamat                        : Jl. Sumur Bandung 3 no 90 RT 02/02. Cimanggis-Depok
No Telp                       : 0857.1563.1093








BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
A.     VISI (Vission), merupakan arah dan tujuan perusahaan tentang apa yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut di masa yang akan datang.
Menjadi perusahaan kaos unik yang paling inovatif yang dikenal memiliki kualitas kelas nasional (to be the most innovative unique of undershirt company with national class quality)
B.     MISI (Mission Statement), pernyataan tentang langkah-lamgkah apa yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam usahanya mewujudkan Visi
1.      PELANGGAN (CUSTOMERS): Menyediakan produk bernilai tambah tinggi dan solusi kepada seluruh pelanggan berdasarkan (Commit ourselves to deliver the high added value products to our customer according to) :
- Kualitas kesesuaian (Quality of conformity)
- Kualitas kehandalan (Quality of reliability)
- Kualitas konsistensi (Quality of consistency)
- Kualitas pelayanan (Quality of Service)
- Kualitas penggunaan (Quality of use)
2.      MITRA BISNIS (BUSINESS PARTNERS) : Mengembangkan hubungan bisnis yang saling menguntungkan (to develop mutual business relationship)
3.      MANUSIA (PEOPLE) : Mengembangkan karyawan agar memiliki pengetahuan, kreatif dan inovatif (Develop our people to be knowledgeable, creative and innovative)
4.      Menjadi pemain utama perusahaan kaos unik (To be a key player in unique of undershirt company)
C.     TUJUAN
Dengan modal yang terbatas mampu membuat sebuah produk yang banyak diminati dipasaran karena kualitas yang bagus dan harga terjagkau.
D.    SASARAN
Segmen Retail : Distro, Supermarket dan pasar tradisional
Segmen Project : Institusi pendidikan (TK, SD, SMP, SMA dan Universitas), Kaos Pilkada/Pilpres
E.     KUNCI KEBERHASILAN USAHA
1.      Mempunyai etos kerja yang tinggi
2.      Menerima gagasan gagasan baru dalam dunia usaha
3.      Menerima kritik dan saran dari orang lain
4.      Tidak mudah putus asa
5.      Bersemangat dalam memulai usaha
6.      Disiplin dalam bekerja
7.      Memberikan pelayanan terbaik dan mengutamakan pelanggan
8.      Pandai berkomunikasi terhadap pelanggan
9.      Yakin bahwa usaha bisa dilakukan dengan baik
F.      ANALISIS SWOT
1.      Strength (kekuatan)
·         Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
·         Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
·         Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
·         Menghasilkan produk yang berkualitas

2.      Weaknes (kelemahan)
·         Sarana dan prasarana yang kurang lengkap
·         Persaingan pasar dan perusahaan yang berskala nasional
·         Berubahnya kondisi perekonomian
3.      Opportunity (peluang)
Dengan  menjaga kualitas produk, kami yakin dapat bersaing.
4.      Threaty (ancaman)
Munculnya pesaing baru dengan produk sejenis, dengan peralatan yang cukup dan lebih canggih.















BAB III
RENCANA PERMODALAN
A.    Sumber modal
·         Modal Usaha                                                                     Rp 35.000.000,00
B.     Pengeluaran
1.      Modal tahunan
·         Sewa toko uk 3x3 per tahun                                             Rp 6.000.000
·         Membuat label                                                                  Rp 1.500.000
2.      Modal kerja setiap periode perputaran untuk 1 bulan
·         Kaos polos                        @30.000  x  500 pcs               Rp 15.000.000
·         Sablon                               @12.000  x  500 pcs              Rp  6.000.000
·         Kardus untuk packing       @2.000    x  500 pcs               Rp 1.000.000
·         Karyawan                                                                          Rp 1.500.000
KETERANGAN :
Ø  Harga 1 kaos dipasarkan                                             Rp 85.000
Ø  Harga 1 kaos dijual ke reseller                                    Rp 75.000
Ø  Barang yang kami produksi setiap bulan akan di supply ke 3 distro, masing masing distro menerima 100 pcs
Modal
Harga ke pasaran
Harga ke reseller
Rp 44.000 x 500 (22.000.000)
Rp 85.000 x 200 (17.000.000)
Rp 75.000 x 300 (22.500.00)

Modal produk 22.000.000
Hasil (pasaran) 17.000.000 + (reseller) 22.500.00 = 39.500.000

Hasil 39.500.000 – 22.000.000 = 17.500.000

No comments:

Post a Comment